Minggu, 24 April 2011

All Praise For God who ruled the whole of Nature





Al-hamdu lillaahi rabbil'aalamiin.
Segala Puji Bagi Allah yang Merajai Selruh Alam
 
Ada tiga inti dari ayat ini yang perlu kita telaah secara seksama.
1. Allah.
Menurut para ahli, alam beserta dengan seluruh isinya ini pasti ada yang menciptakan diantaranya mahluk insani yaitu manusia, mahluk fauna yaituh hewan, dan flora yaituh tumbuhan yang begitu banyak yang tidak akan terhitung jumlah dan ragamnya. semuaitu siapa yang menciptakannya?   
sebagai contoh jawaban yang paling simpel adalah, manusia dibin oleh manusia dengan cara konsepsi dan dikandung serta di lahirkan kedunia. ayam di bikin sama ayam, prosesnya dengan bertelor dan menetas menjadi anak ayam. sepintas jawaban itu tidak ada salahnya dan benar adanya. tetapi kalau kita di telusuri sampai ke akar permasalahan kita akan menemukan jawaban seperti ini; seribu ayam ditetaskan dari seratus ayam, seratus ayam ditaskan oleh sepuluh ayam, sepuluh ayam ditetaskan oleh satu ayam, satu ayam... di bikin dan di tetaskan oleh siapa? kalau jawabanya adalah oleh dirinya sendiri menganggap bahwa alam adalah maha kuasa alias yang menciptakan. menurut orang yang beriman, alam itu mahluk tunggal (tidak di ketahui darimana asalmulanya) jadi alam dan semua jenis mahluk tunggal itu ciptaan Allah yang Maha Kuasa dan Maha Esa.
2. Alam
Garis besarnya, alam aitu ada empat bagian yaitu; 1. alam arwah, 2. alam dunia, 3. alam barzakh dan, 4. alam akhirat.
Alam arwah ibarat suatu proyeksi dimana, ketika kita mempunyai niat untuk membuat sesuatu misalnya ketika kita mau membangun rumah, sebelum jadi rumah itu kita sudah mempunyai gambaran atau rancangan dalam pikiran kita sebelumnya bahkan zaman sekarang sebelum rumahnya jadi, suka di bikin dahulu sketsanya seperti gambar dalam kertas. semua ini di sebut dengan alam arwah. segala sesuatu yang ada di muka bumi dan isinya telah mempunyai alam arwah sebelumnya atau sketsa sebelumnya termasuk manusia.
Alam dunia adalah alam fana (tidak kekal) atau alam nyata yang kita diami sekarang ini. disebut fana karena tidak kekal dan akan berakhir seiring akhir zaman yaitu apa yang di sebut dengan hari akhir atau kiamat. Alam ini juga di sebut sebagai tempat berjuang dan pencarian bekal untuk di alam kekal selanjutnya yang benar-benar akan kita alami. apa saja yang kita kerjakan dan kumpulkan di alam yang tidak lama ini akan mendapatkan balasannya di alam kekal nantinya.siapa saja yang berbuat amal kebaikan selama di dunia ini maka akan mendapatkan balasan yang tiada terkira di alam kekal yaiutu surga dimana tempat kita menikmati hasil jerih payah kita selama di dunia ini, tidak perlu bekerja lagi tinggal menikmati ibarat pegawai negeri sipil menikmati masa pensiun, tapi pensiunan pegawai negeri masih berpikir untuk kelangsungan hidup. di surga kita tingal menikmati sepenuhnya dan tidak di beda-bedakan kaya miskin semua sama. sebaliknya bagi orang yang berbuat keburukan akan mendapatkan balasan yang kekal pulai di tempat yang paling menyakitkan yang tidak pernah kita bayangkan dan rasakan sebelumnya, sakit di dunia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan rasa sakit di alam kekal nanti yaitu di neraka.
Alam barzakh yaitu ketika jiwa (nyawa) sudah berpisah dengan raga atau sering di sebut mati atau kiamat sughra, raga atau Fisik di kembalikan ke tanah dengan di kubur jiwa (nyawa) kembali ke alam barzakh  yaitu ke alam kubur. sampai pada hari dimana akan ada kejadian luarbiasa dahsyatnya yang terjadi di dunia yaitu bumi berguncang, gunung-gunung meletus dan air laut meluap ke daratan sehingga di hari ini tidak akan ada satu orangpun yang akan selamat. kejadian ini di sebut kiamat kubra.
Apakah betul kiamat kubra ini bakal terjadi?
menurut para ilmuan dari berbagai belahan dunia, polusi yang mencemari udara dari asap berjuta-juta kendaraan dan cerobong asap pabrik-pabrik dan sebagainya berkumpul dan menjadi satu di atas awan, semakin lama polusi ini akan semakin bertambah maka akan membentuk satu benteng antara langit dan bumi yang di sebut atmosfer. akibatnya akan menyebabkan sinar matahari tidak akan bisa menerangi bumi ini, setelah itu akan menyebabkan dua hal yang berlawanan tetapi keduanya sangat merugikan bagi umat manusia serta seluruh mahluk yang ada di muka bumi ini. yang pertama akan menyebabkan suhu udara yang sangat dingin melebihi dinginya di kutub utara dan selatan. yang kedua semakinlama polusi itu menghalagi maka semakin mendesak pori-pori dunia yang akan mengakibatkan udara panas yang tidak terhingga sehingga menyebabkan gunung-gunung es yang ada di kutub utara maupun di kutub selatan akan mencair dan akan membanjiri daratan yang di tinggali oleh manusia dan yang lainnya. kejadian ini akan seperti di zaman Nabi Noh. dengan adanya teori ini bagi orang yang tidak beriman terhadap ayat-ayat Allah menyebutkan hal ini adalah bohong belaka atau sering di sebut tahayul. tetapi teori ini lebih jauh sekarang ini banyak kita jumpai perubahan alam yang ekstrim dan sudah terbukti mengenai teori itu. bahkan ada orang yang meyakini bahwa kiamat akan terjadi di hari esok atau lusa dengan melihat penomena alam yang terjadi saat ini. sebelum kiamat kubra, manusia akan pindah ke alam barzakh atau alam kubur yaitu alam penantian sampai akhirnya di hidupkan kembali.di yaoumal-ba'ats, seluruh mayat meskipun suh hancur tinggal tulang benulang bahkan adayang sudah menjadi tanah akan kembali seperti semula dan akan hidup kembali seperti sediakala kemudian di arahkan ke alam akhirat.
menurut akal sehat secara sepintas mungkin tidak akan masuk akal apa yang akan terjadi ini, fisik yang sudah hancur bahkan sudah menjadi tanah akan kembali seperti semula, tapi kalau kita pikir lebih jauh dan membaca serta memahami ayat-ayat Allah maka hal ini akan kita fahami seperti di ibaratkan ketika kita memasak air kemudian di tutup sampai mendidih, maka air yang ada dalam panci akan berkurang bahkan bakal menghilang semuanya kalau kita biarkan sampai kering. semuanya akan menghilang. menurut teori, segala sesuatu yang menghilang tetapi berubah wujud. air menjadi uap kemudian terbang ke angkasa dan menjadi segumpal awan kemudian akan kembali ke tanah berupa air hujan. asal dari air akan kembali lagi menjadi air, begitu pula dengan manusia akan kembali seperti sediakala dengan seijin Allah, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.  
silahkan baca ayat-ayat tanziliyah kemudian barengi dengan ayat-ayat kauniyah malah akan lebih membuktikan kekuasaan dan keagungan Allah.
Alam akhirat adalah bukan alam kekekalan jadi tidak akan ada lagi alam yang lain. alam ini bukan tempat kita berusaha tetapi alam akhirat adalah alam untuk menikmati seluruh perbuatan kita selama di dunia. artinya adalah di alam akhirat kita hanya akan menikmati seluruh jerihpayah kita selama hidup di muka bumi. tidak ada lagi bekerja, kerja kerasa. semuanya sesuai apa yang kita tanam di dunia, ketika kita menanam kebaikan maka kita akan panen raya tentusaja kebaikan. sebaliknya ketika kita menannam keburukan maka kita akan memanen keburukan pula. semua ini sifatnya kekal tidak bisa di robah lagi.
3. Puji
Al-fatihah itu di ibaratkan sebagai perihal surat, jadi apa yang ada di dalam Al-Qur'an sudah terrangkum dalam surat Al-fatihah ini, oleh karena itu suka di sebut juga sebagai Ummul-Qur'an.
Kalau kita menelaah ayat alhamdulillaahi robbil'alaamiin, kita akan sangat jelas kalu ciptaan Allah itu sangat banyak dan luas sekali.Dalam beberapa ayat Al-Qur'an seperti Al-Baqarah ayat 29, surat Al-Mu'minun ayat 86 juz 18, surat Al-Mulk ayat 3 juz 29, keagungan Allah bahwa ciptaan nya itu ada tujuh langin, artinya bahwa hakikinya ciptaan Allah semuanya ada tujuh langit. diantara tujuh langit itu di sebut sebagai alam syahadah. dibawah langit alam syahadah terdapat bermacam-macam rasi bintang, ilmuan yang pertama kali menyebutkan jumlah rasi bintang ada 18.000 rasi bintang, masing-masing dari rasi bintang itu berubah dan menghasilakn rasi bintang 100.000 rasi bintang, berubah lagi seiring berubahnya ilmu dan perubahan jaman menjadi 500.000.000.000. penemuan peneliti yang paling akhir menyebutkan bahwa di bawah langit itu dibag menjadi 100.000.000.000 galaksi salah satunya yaitu Galaksi Kabut Susu yang di isi oleh matahari, planet dan satelit. kalau semua galaksi sama isinya, silahkan hitung sendiri ada berapa rasi bintang yang ada di bawah langit.
salah satu rasi bintang dari sekian banyaknya adalah bumi tempat kita tingal sekarang.Bumi termasuk pada rasi bintang yang paling kecil.luasnya kira-kira sekitar 500.000.000 km persegi. Luas matahari kira kira 1.300.000 kali dunia artinya bahwa luas matahari kira-kira 650 triliun km persegi. kalau kita jumlah luas seluruh planet sama seperti luas matahari, maka ada berapa luas seluruhnya silahkan hitung sendiri.ini semu adalah ciptaan Allah yang maha kuasa. semuanya dibikin dan di ciptakan tanpa bantuan dari yang lain.
sekarang seandainya seluruh profesor dan ilmuan dikumpulkan dan di beritugas untuk membuat satu saja biji padi apa mereka sanggup menciptakannya? oleh karena itu kalau kita sudah menjadi sarjana jangan merasa dirinya hebat dan sombong ingin di sebut orang yang paling pintar. tidak ada seseorang yang paling berilmu tinggi selain Allah dan tidak ada puji selain bagi Allah.
kalau kita menjadi orang yang paling kaya sekabupaten, mempunyai ratusan rumah, pabrik mobil, serta segala sesuatunya yang menyertainya, kemudian bandingkan dengan satu propinsi, satu negara, satu dunia. jangan merasa paling kaya dan berhak di puji, karena di bandingkan dengan rasi bintang atawa luasnya bumi sudah pasti tidak akan ada sebutir pasirpun kekayaannya.
Dalam hal ini, kita terkadang suka lupa kalau kita ini merasa berhak mendapatkan puji, padahal apa yang kita bisa dan punya tidak ada satu biji pasirpun kekayaan kita dan kita tidak berhak mendapatkan pujian, hanya Allah lah yang berhak mendapatkan pujian. Alhamdulillaahirabbil'alamiin

1 komentar:

  1. Silahkan telaah dan berikan komentar sebagai apresiasi. terimakasih

    BalasHapus